A.
Pendahuluan
Pada
tangggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia menikrarkan untuk menegaskan
semangat untuk mencapai cita-cita berdirinya negara Indonesia. Disaat itu para pemuda Indonesia berkumpul
melakukan pertemuan untuk menyatukan tekat mereka memerdekakan Indonesia.
Semangat dan perjuangan para pemuda saat itu sangat berkobar.
Oleh
sebab itu kita sebagai pemud zaman sekarang selalu mereyakan memperingati
semangat juang pemuda masa lalu pada tanggal 28 Oktober sebagai hari sumpah
pemuda. Tetapi yang disayangka adalah peran pemuda saat ini belum maksimal
terjadi untuk sebuah perubahan membawa Indonesia menjadi lebih baik. Dari
banyak pemuda saat ini mereka lebih terlihat kurang aktif dalam hal tersebut.
Padahal isi dan makna dari sumpah pemuda itu sendiri menyerukan kepada para
pemuda Indonesia bersemangat bersatu membawa Indonesia kekemerdekaaan.
Karna
dari itu dalam penelitian kali ini mengambil tema tentang tangggapan mahasiswa
dalam hari sumpah pemuda. Peneliti kali ini mengambil data dari ruanglingkup
mahasiswa UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta jurusan KPI Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
semester 1. Peneliti ingin bertujuan mengetahui seberapa besarnya para mahasiswa
paham dan mengerti tentang hari sumpah pemuda. Dan juga apakah mahasiswa kali
ini ikut meramaikan dalam memperingati hari sumpah pemuda kali ini. Dan sebagai
pemuda saat ini apa harapannya di hari sumpah pemuda kali ini.
B.
Metodelogi
Metode
yang digunakan peneliti kali ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian
kualitatif menggunakan paradigma alamiah. Artinya, penelitian ini mengamsusikan
bahwa kenyataan-kenyataan empiris terjadi dalam suatu kontek sosio-kultural
yang saling terkait satu sama lain.[1]
Peneliti
disini berusaha menggambarkan fenomena
sosial secara holistik tanpa perlakuan manipulatif sehingga keaslian dan
kepastian menjadi faktor yang sangat ditekankan. Penelitian kualitatif bukan
hanya menggambarkan variabel-variabel tunggal melainkan dapat menggunakan
hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Penelitian menekankan
pada keaslian, tidak bertolak dari teori secara deduktif melainkan berangkat
dari fakta sebagaimana adanya. Rangkaian fakta yang dikumpulkan, dikelompokkan,
ditafsirkan, dan disajikan dapat menghasilkan teori. Karna dari tu metode
kualitatif tidak berdasarkan teori tetapi dapat menghasilkan teori, yang
disebut grounded theory (teori dari dasar).[2]
Jenis
metode kualitatif yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu metode
pengamatan tentang suatu keadaan kelompok, masyarakat setempat,
lembaga-lembaga, maupun individu-individu.[3]
Adapun tehnik yang digunakan dengan melakukan wawancara dangan menggunakan alat
berupa beberapa pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Dan penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 28-31 Oktober 2013 yang dilaksanak di Fakultas Ilmu
Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
C.
Temuan
Dalam penelitian kali ini
peneliti mengjukan beberapa pertanyaan, seperti:
1.
Apa itu hari sumpah pemuda?
2.
Apa kegunaan dari hari sumpah pemuda?
3.
Cara menerapkan hari sumpah pemuda?
4.
Apa harapan hari sumpah pemuda kali ini?
5.
Apa yang dilakukan pada hari sumpah pemuda kali ini?
Dari lima
orang perwakilan tiap kelas hasil penelitian yang saya temukan adalah:
·
Narasumber
satu
Narasumber
satu ini adalah mahasiswa jurusan KPI semester satu kelas A. Ia mengatakan
bahwa hari sumpah pemuda itu hari memperingati identitas bangsa Indonesia. Dia
mengatakan kegunaan dari hari sumpah pemuda adalah untuk mengetahui identitas
bangsa Indonesia dan mengetahui apa itu hari sumpah pemuda. Dan cara menerapkan
hari sumpah pemuda dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Harapan dia untuk supmah pemuda kai ini adalah agar para
pemuda bisa mengetahui identitas Indonesia lebih dalam. Dia sendiri yang
dilakukan pada hari sumpah pemuda kali ini menyelesaikan tugas-tugas kuliah.
·
Narasumber
dua
Narasumber
yang kedua ini mahasiswi dari jurusan KPI semester satu kelas B. Ia mengatakan
bahwa hari sumpah pemuda itu hari memperingati pemuda yang telah berjuang
memerdekakan idonesia dari penjajah. Dia mengatakan kegunaan dari hari sumpah
pemuda adalah untuk mengingat perjuangan pemuda masa lalu dalam pemperjuangi
pemerdekaan. Dan cara menerapkan hari sumpah pemuda dengan memikirkan apa yang
kurang dari negara, lebih mencintai kebudayaan, menambahkan rasa nasionalis dan lebih peduli terhadap negara Indonesia. Harapan
dia untuk sumpah pemuda kali ini adalah semoga negara ndonesia lebih baik lagi,
bisa menghapuskan KKN dan untuk para pemuda bisa melanjutkan pendidikannya
sampai akhir tidak hanya berhenti dijalan.
·
Narasumber
tiga
Narasumber
yang kedua ini mahasiswi dari jurusan KPI semester satu kelas C. Ia mengatakan bahwa hari sumpah pemuda itu
hari pengakuan masyarakat Indonesia jaman dahulu untuk bertekad menjadi negara
merdeka. Dia mengatakan kegunaan dari hari sumpah pemuda adalah untuk mengingat
kesadarn nasionalisme pemuda Indonesia bukan hanya secara teori maupun praktek.
Dan cara menerapkan hari sumpah pemuda dengan mengadan event berupa festival
budaya karna dalam event tersebut kita bisa memperkenalkan budaya Indonesia dan
sebagai tanda bukti pengakuan kebudayaan indonesia. Harapan dia untuk sumpah
pemuda kai ini adalah semoga masyarakat Indonesia lebih mencintai Indonesia,
lebih giat bekerja dan tidak korupsi. Dia sendiri yang dilakukan pada hari
sumpah pemuda kali ini menyelesaikan tugas-tugas kuliah, karna sebagai
mahasiswa menurut dia yaitu tugasnya belajar dengan rajin, bukan hanya demo
tetapi ikut turut andil dalam meningkatkan pemerintahan Indonesia.
·
Narasumber
empat
Narasumber
yang kedua ini mahasiswa dari jurusan KPI semester satu
kelas Ia mengatakan bahwa hari sumpah pemuda itu intinya hari pemuda aktif untk
mecitakan perubahan. Dia mengatakan kegunaan dari hari sumpah pemuda adalah
agar kita sebagai para pemuda saat ini bisa mencontoh pemuda dahulu yang
semangat mencapai kemerdekaan. Dan cara menerapkan hari sumpah pemuda dengan
aktif diperkuliahan, bergerak dalam masyarakat dan melihat keadaan dengan
kreatif. Harapan dia untuk sumpah pemuda kali ini agar para pemuda mempunyai
pikiran baru dan semangat baru. Dia sendiri yang dilakukan pada hari sumpah
pemuda kali ini yaitu memotivasi adik kelas dipondok untuk belajar dengan rajin.
·
Narasumber
lima
Narasumber yang
kedua ini mahasiswi dari jurusan KPI semester satu kelas E. Ia mengatakan bahwa hari sumpah pemuda itu
waktunya para pemuda mengeluarkan pendapatnya. Dia mengatakan kegunaan dari
hari sumpah pemuda adalah untuk mengingatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme.
Dan cara menerapkan hari sumpah pemuda dengan mengisi upacara. Harapan dia
untuk sup ah pemuda kai ini adalah agar para pemuda Indonesia lebih kreatif dan
tidak anarkis . Dia sendiri yang dilakukan pada hari sumpah pemuda kali yaitu
mengucapkan dimdia sosial seperti facebook atau twitter untuk hari sumpah
pemuda.
D.
Kesimpulan
Dari 5
orang tersebut dapat simpulkan bahwa mereka mengartikan hari dumpah pemuda
yaitu hari yang waktunya mengingat perjuangan pemuda zaman dahulu dan
menerapkannya untuk aktif berpendapat saat ini. Dengan cara menerapkannya yaitu
dengan aksi-aksi yang positif yang dapt menambahkan rasa nasionalisme dan
Indonesia untuk lebih baik dengan membuang sikap negative yang ada saat ini.
Dan yang mereka lakukan di hari sumpah pemuda sebagian besar hanya mengerjakan
tugas kuliah yang memang menjadi kewajiban tanpa ada aksi penting lainya.
Dari
sini dapat diketahui bahwa pemuda saat ini kurang berperan aktif dalam
memperingati hari sumpah pemuda. Walaupu mereka berpikiran nasionalis dalam
menyikapi hari sumpah pemuda namun mereka sendiri tidak menerapkannya. Dan
hanya beberapa orang yng benar-benar mengerti apa hari sumpah pemuda itu
sebenarnya.
E.
Daftar pustaka
Ali,
Sayuthi. 2002. Metode Penelitian Agama. Jakarta: Rajawali Pers.
Soyomukti,
Nurani. 2010. Pengantar Sosioligi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
F.
Identitas narasumber
·
Nama: Mohammad Fauzi Ardiansyah
Jurusan/Kelas: KPI/1A
Fakultas: Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Tempat, Tanggal Lahir: Tegal, 30 November
1995
Alamat:
Pasiripis, Kec. Kertajati, Kab. Majalengka
·
Nama: Mutiara Lestari Putri
Jurusan/Kelas: KPI/1B
Fakultas: Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 12 September
1995
Alamat: Jl. Singgalang Blok H 14 No 4, Reni
Jaya
·
Nama: Nur Khaleda Ayuningtiyas
Jurusan/Kelas: KPI/1C
Fakultas: Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Oktober
1994
Alamat: Jl. Gotong Royong Cireundeu Indah
II RT 05/004 No.31
·
Nama: M. Azhar
Jurusan/Kelas: KPI/1D
Fakultas: Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 7 Juli 1995
Alamat: Jl. Ulujami
·
Nama: Ratu Syifa
Jurusan/Kelas: KPI/1E
Fakultas: Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 7 Desember
1995
Alamat: Jl. Pekapuran IV No. 76 D RT 01/05
Kel. Tanah Sereal Kec. Tambora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar